Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2019, PB HMI Puji Menteri BUMN Erick Thohir

Home / Berita / Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2019, PB HMI Puji Menteri BUMN Erick Thohir
Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2019, PB HMI Puji Menteri BUMN Erick Thohir Menteri BUMN Erick Thohir (foto: Istimewa)

TIMESSEMARANG, JAKARTA – Ketua Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) bidang Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Romadhon pada momen Puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2019 memberikan dukungan penuh kepada Menteri BUMN, Erick Thohir agar terus tidak ragu-ragu dalam memberantas para koruptor.

Hal ini menyusul kebijakan tegas Menteri BUMN yang baru dilantik Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) itu memecat Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang diduga terlibat dalam skandal penyelundupan Harley Davidson dan Brompton.

Untuk itu, kata dia, Hari Antikorupsi Sedunia 2019 harus menjadi momentum bagi perusahaan-perusahaan BUMN lain seperti Garuda Indonesia untuk segera melakukan evaluasi secara menyeluruh. Kementerian BUMN harus menjadikan Garuda Indonesia bersih dari Korupsi, pun demikian dengan Perusahaan BUMN lainnya.

"Ini waktu yang tepat untuk bersih-bersih BUMN dan Menteri BUMN harus mendorong semua perusahaan BUMN menjadi korporasi yang berintegritas," ungkap Romadhon aktivis Ketua PBHMI kepada awak media di Jakarta, Senin (9/12/2019).

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir telah memberhentikan empat anggota dewan direksi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang terlibat dalam skandal Harley Davidson. 

Seperti diketahui, skandal itu melibatkan Direktur Utama Ari Askhara. Selain itu, ada tiga direktur lain yang diduga terlibat, yaitu Direktur Teknik dan Layanan Iwan Joeniarto, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Mohammad Iqbal, dan Direktur Human Capital Heri Akhyar.

"Keterlibatan direksi Garuda Indonesia memang sangat disayangkan. Seharusnya sebagai BUMN yang memiliki banyak kemudahan dibanding perusahaan swasta, BUMN harus menjadi pelopor anti korupsi, yang berhubungan dengan sektor dunia usaha. Bukan sebaliknya justru terlibat dalam perkara praktek mengarah korupsi," ujarnya

Romadhon mengungkapkan kasus penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda Brompton illegal hanya satu kasus yang melibatkan Direktur Utama Garuda. Jika diinvestigasi serius pasti banyak kasus sejenis yang melibatkan petinggi Garuda.

"Direktur Utama sebelumnya, Emirsyah Satar  juga kan memiliki kasus sejenis. Emirsyah diduga menerima suap terkait pengadaan pesawat Airbus SAS dan mesin pesawat Rolls-Royce untuk Garuda Indonesia." imbuhnya.

Puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2019 sendiri digelar Senin (9/12/2019) pagi WIB di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi RI (KPK RI) Jakarta. Tema yang diambil untuk tahun ini adalah 'Bersama Melawan Korupsi Mewujudkan Indonesia Maju'. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com