Kongres Pancasila XI, Wapres Jusuf Kalla: Pancasila jangan Dibuat Rumit

Home / Berita / Kongres Pancasila XI, Wapres Jusuf Kalla: Pancasila jangan Dibuat Rumit
Kongres Pancasila XI, Wapres Jusuf Kalla: Pancasila jangan Dibuat Rumit Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla saat berpidato di depan peserta Kongres Pancasila XI di UGM, Kamis (15/8/2019). (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)

TIMESSEMARANG, YOGYAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla berpesan pembahasan tentang Pancasila oleh para peserta Kongres Pancasila XI tidak dilakukan secara rumit. Hal itu dapat menimbulkan kebingungan di tengah masyarakat. Pesan ini disampaikan Wapres Jusuf Kalla saat menjadi pembicara kunci pada pembukaan Kongres Pancasila XI di UGM, Kamis (15/8/2019).

“Semakin sederhana pembahasan Pancasila, semakin orang bisa paham. Semakin orang paham, maka Pancasila semakin bisa dihayati,” kata JK.

Pancasila, lanjut JK, bukan sekadar slogan atau filsafat. Namun, Pancasila merupakan pondasi bagi kehidupan berbangsa dan bernegara yang harus bisa dimengerti dan dihidupi, tidak hanya dihafalkan.

“Pondasi itu tidak perlu kelihatan, tapi dia menjadikan negara kita kokoh,” imbuh sodagar Bugis ini.

Baginya, penghayatan Pancasila dalam kehidupan masyarakat menjadi hal yang lebih penting dibandingkan penguraian Pancasila secara ilmiah yang justru menimbulkan berbagai penafsiran yang berbeda.

“Pancasila sebenarnya sangat sederhana dan tegas, tapi dalam penafsiran dan pelaksanaannya kadang berbeda-beda, tergantung siapa yang menafsirkan dan melaksanakannya,” terang Wapres asal Makassar ini.

Sebelum membuka Kongres Pancasila, JK berpesan agar para pembicara dan peserta dapat melakukan diskusi yang menghasilkan pikiran-pikiran yang dapat dipahami oleh segenap masyarakat.

“Semoga Kongres Pancasila XI  ini menghasilkan sesuatu yang sederhana, mudah dipahami, mudah dihayati, dan mudah diukur,” terang Wapres Jusuf Kalla. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com