Mendagri Berharap Posisi Wagub DKI Terisi Sebelum Pelantikan DPRD

Home / Berita / Mendagri Berharap Posisi Wagub DKI Terisi Sebelum Pelantikan DPRD
Mendagri Berharap Posisi Wagub DKI Terisi Sebelum Pelantikan DPRD Mendagri RI, Tjahjo Kumolo. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)

TIMESSEMARANG, JAKARTAMendagri RI Tjahjo Kumolo berharap kursi Wagub DKI Jakarta tidak dibiarkan terlalu lama kosong. Lebih cepat, lebih baik, bahkan sebisa mungkin, proses pengisian pengganti Sandiaga Uno itu bisa selesai sebelum masa pelantikan Anggota DPRD terpilih, hasil Pemilu 2019.

“Soal (proses pengisian kursi Wagub DKI Jakarta) diselesaikan oleh periode yang sekarang atau anggota DPRD terpilih hasil Pileg 2019, bagi kami tak masalah," ujar Tjahjo, di Kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Tjahjo menegaskan, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk intervensi terkait pengisian kursi Wagub DKI yang kosong ini. Namun ia menilai, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bisa melobi Pansus di DPRD untuk mempercepat proses penunjukkan Wakil Gubernur DKI tersebut.

"Kunci awalnya kan di partai pengusung, mereka sudah sodorkan nama ke Gubernur, Pak Anies juga sudah serahkan ke Pansus di DPRD. Jadi kuncinya sekarang ada di DPRD dan lobi Pak Anies untuk mempercepat prosesnya," imbuh menteri asal PDI Perjuangan itu.

Diketahui, sejak Sandiaga Uno mengundurkan diri dari Jabatannya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta 27 Agustus 2018, namun, hingga hampir 1 tahun lamanya, kursi nomor 2 di DKI Jakarta itu masih dibiarkan kosong. 

"Tak masalah bila Wagub kemudian baru ditunjuk di sisa waktu 18 bulan jabatan. Ada juga daerah yang seperti itu,” kata Mendagri Tjahjo berbicara soal pengisian kursi Wagub DKI Jakarta, pengganti Sandiaga Uno. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com