Jarang Disadari, Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kesehatan Kulit

Home / Gaya Hidup / Jarang Disadari, Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kesehatan Kulit
Jarang Disadari, Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kesehatan Kulit Ilustrasi - Kurang tidur (Foto: Readersdigest)

TIMESSEMARANG, JAKARTA – Seperti bagian tubuh lainnya, menjaga kesehatan kulit juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Selain melakukan perawatan kulit, Anda juga harus memperhatikan kebiasaan sehari-hari. Ternyata ada kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari dapat merusak kesehatan kulit.

Dilansir dari Reader’s Digest, berikut lima kebiasaan yang dapat merusak kesehatan kulit.

1. Mandi air terlalu panas

Mandi air panas dapat mengurangi minyak alami dari kulit. Mandi dengan air panas juga dapat mengeringkan kulit, serta berpotensi menyebabkan kuman pada kulit berkembang biak. Jika ingin mandi dengan air hangat, perhatikan suhunya jangan sampai terlalu panas agar tidak merusak kulit.

2. Melewatkan cuci muka

Dalam sebuah survei, orang yang tidak mencuci muka sebelum tidur akan punya lebih banyak tumpukan kotoran dan sel-sel kulit tua di wajah, terutama jika menggunakan riasan tebal. Lembaga American Academy of Dermatology menyarankan Anda untuk mencuci muka dua kali sehari dan setelah berkeringat banyak, misalnya setelah berolahraga.

3. Sering konsumsi minuman soda

Minuman soda banyak mengandung pemanis buatan. Sebuah studi menunjukkan bahwa pemanis dapat memengaruhi kadar insulin, meningkatkan peradangan, dan mengubah komposisi bakteri baik dalam usus.

Tingkat insulin yang tinggi adalah penyebab utama ketidakseimbangan hormon dan gangguan kulit, terutama jerawat. Pemanis buatan juga dapat mengganggu keseimbangan gula darah Anda sehingga hal tersebut juga mampu memicu masalah kulit.

4. Kurang tidur

Sel-sel tubuh beregenerasi selama tidur. Jadi, ketika Anda tidak mendapatkan istirahat yang cukup, pergantian sel termasuk sel kulit dapat berhenti. Kurang tidur dapat menyebabkan lingkaran hitam, kemerahan, dan kerutan, sehingga dapat membuat kulit tampak lebih tua. Untuk itu, penuhi waktu istirahat Anda dengan durasi tidur 7-9 jam agar kulit tetap sehat dan berseri.

5. Rokok dan alkohol

Tak hanya berpengaruh pada organ dalam, kombinasi rokok serta alkohol dapat merusak kesehatan kulit. Alkohol menghambat produksi vasopresin, sehingga tidak memungkinkan tubuh Anda menyerap kembali air yang dibutuhkan. Hal tersebut dapat menyebabkan kulit Anda terlihat lelah dan pucat, serta muncul kerutan.

Merokok juga buruk bagi kulit karena mampu meningkatkan produksi radikal bebas. Ketika terkena banyak radikal bebas, Anda akan menderita stres oksidatif. Terlalu banyak stres oksidatif dapat menyebabkan penuaan dini yang tampak melalui kulit.

Kebiasaan di atas memang terdengar sederhana, tapi akan berdampak buruk jika Anda terus-menerus dilakukan. Mulai sekarang, terapkan kebiasaan sehat demi kulit yang lebih baik. Selain itu, lakukan perawatan kulit yang tepat avar terhindar dari gangguan kesehatan kulit. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com