Manfaat Penting Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan

Home / Gaya Hidup / Manfaat Penting Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan
Manfaat Penting Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan ILUSTRASI - Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan. (FOTO: Istockphoto/arapix)

TIMESSEMARANG, JAKARTA – Selain puasa Ramadhan, umat muslim juga kerap menjalankan ibadah puasa sunah seperti puasa Senin Kamis. Sama halnya dengan puasa Ramadhan, menjalankan puasa sunah ini selain mendapatkan pahala juga memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini berbagai manfaat puasa Senin Kamis yang bisa Anda dapatkan, dilansir dari berbagai sumber.

1. Turunkan risiko diabetes

Dokter estetika terkemuka di London Dr David Jack mengatakan bahwa dengan hanya mengatur kadar glukosa darah dan sensitivitas insulin, kerusakan kolagen pada kulit bisa sepenuhnya dicegah. Melakukan puasa tentu menjadi sangat efektif untuk mengatur kadar glukosa dalam darah.

Mendapatkan kulit yang bersih bisa menjadi manfaat tambahan dari stabilnya gula darah, namun lebih besar dari itu, gula darah yang baik akan menjauhkan seseorang terkena penyakit yang lebih berbahaya, seperti diabetes.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Berpuasa dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah sebesar 8 persen, menurunkan lemak darah sebesar 30 persen, dan meningkat kolesterol baik sebanyak 14,3 persen, tulis sebuah studi dalam jurnal Annals of Nutrition Metabolism.

Kadar kolesterol yang sehat sendiri dapat menjauhkan seseorang untuk terkena penyakit yang berhubungan dengan kolesterol tinggi seperti hipertensi, jantung, hingga stroke.

3. Melatih emosi

Puasa merupakan ibadah yang membiasakan kita untuk bersabar. Mulai dari bersabar dari lapar dan haus, hingga bersabar dari godaan lain yang membatalkannya. Karena itu menjalankan puasa Senin Kamis akan membentuk kita menjadi pribadi yang stabil secara emosional.

4. Menurunkan Lemak

Tidak bisa dipungkiri bahwasanya khasiat puasa Senin Kamis ataupun puasa sunnah lainnya bisa membuat kita terhindar dari tumpukan lemak yang berlebih. Dengan terjaganya asupan lemak pada tubuh tentulah kesehatan kita akan jauh lebih maksimal.

5. Menyehatkan gigi

Khasiat puasa Senin Kamis berikutnya ialah mampu membuat gigi jauh lebih sehat. Dimana dalam berpuasa gigi sudah pasti akan terasa lebih bersih karena kita tidak melakukan kegiatan makan makanan yang over yang membuat gigi bekerja terus menerus. Namun, tetap saja sebaiknya jika kalian tengah menjalankan puasa sunah, sebaiknya kalian menggosok gigi setelah selesai santap sahur dipagi hari. Yang pasti selain agar terlihat putih, gigi juga akan jauh lebih sehat. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com