Kerjasama Bilateral

RI-Jepang Sinergi Berantas Terorisme

Home / Berita / RI-Jepang Sinergi Berantas Terorisme
RI-Jepang Sinergi Berantas Terorisme Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Istana Bogor. (foto: biro pers istana for TIMES Indonesia)

TIMESSEMARANG, BOGOR – Indonesia dan Jepang menyepakati kerjasama dalam pemberantasan terorisme. Kerjasama itu menjadi salah satu poin kesepakatan yang dihasilkan dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Istana Bogor, Senin (16/1/2017).

Rilis yang diterima TIMES Indonesia dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin, menjelaskan, Pemerintah Jepang percaya bahwa Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar memiliki generasi muda yang penuh akan harapan. Apalagi, Indonesia dikenal dunia sebagai negara yang berhasil mengembangkan nilai dan ajaran Islam moderat.

"Di tengah penyebaran paham terorisme di Asia, maka kami sepakat bahwa Jepang akan bekerja sama dengan Indonesia yang merupakan negara besar dengan mayoritas penduduknya muslim moderat, agar dapat terwujud masyarakat di mana generasi mudanya sangat memiliki harapan," ujar Jokowi.

Selain soal terorisme, pertemuan yang berlangsung hangat dan terbuka itu juga menghasilkan sejumlah kesepakatan dalam politik, ekonomi, maritim, dan sosial budaya. Indonesia juga minta kepada Jepang untuk membuka akses terhadap produk-produk hasil pertanian dan perikanan Indonesia.

Kesepakatan lainnya adalah kerjasama dalam meningkatkan akses dan kapasitas keperawatan Indonesia untuk dapat memenuhi pasar di Jepang. Juga dimulainya general review Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement pada tahun ini.

Kedua negara juga membahas permintaan Indonesia untuk membuka rute penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta menuju Los Angeles via Tokyo, kerja sama dalam konteks two plus two antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kedua negara, dan peningkatan kerja sama di bidang ekonomi di mana termasuk di dalamnya rencana pembangunan Pelabuhan Patimban. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com