Pilkada Kota Batu

Hari Pertama, 173 Surat Suara Rusak

Home / Berita / Hari Pertama, 173 Surat Suara Rusak
Hari Pertama, 173 Surat Suara Rusak Pelipatan surat suara Pilwali Kota Batu 2017 di salah satu ruang gedung KPU Kota Batu, Senin (16/1/2017). (Foto: Istimewa)

TIMESSEMARANG, BATU – Pada hari pertama pekerjaan pelipatan suara suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Batu (Pilwali) 2017, ditemukan sebanyak 173 surat suara rusak.

Menurut Komisioner KPU Kota Batu Erfanudin, dari total 20 ribu surat suara yang dilipat pada hari ini, Senin (16/1/2017), sebanyak 173 lembar surat suara yang termasuk dalam kategori rusak.

Surat suara yang rusak tersebut ditemukan saat proses penyortiran sebelum dilakukan pelipatan surat suara.

Kerusakan surat suara rusak yang ditemukan hari ini, diantaranya terpotong samping kanan kiri, potongan surat suara yang tidak sempurna, dan adanya flek atau titik.

"Ada dot (titik) yang terlihat di depan atau di belakang, seolah-olah ditandai. Kita harus pastikan semua penampang foto pasangan calon (pada lembar surat suara) clear semuanya," jelas Erfanudin ditemui di kantor KPU Kota Batu.

Dia menyampaikan, yang termasuk dalam surat suara rusak seperti terdapat mata ikan, gradasi warna,  flek/noda, warna yang tak sesuai logo Pemerintah Kota Batu, dan potongan yang tidak presisi.

BACA JUGA: Surat Suara Pilkada Kota Batu Mulai Dilipat

Sebelum melipat surat suara, sebanyak 20 pekerja pelipat suara diberikan pengarahan agar memahami tugas dan tanggung jawabnya.

Pihak KPU Kota Batu juga berkoordinasi dengan kepolisian dan melengkapi ruang tempat pelipatan surat suara dengan kamera closed circuit television (CCTV) untuk pengawasan.

"Kami memberikan pengarahan terkait kredibilitas. Kami juga memberikan arahan terkait dengan teknis pelipatan. Karena ada pengalaman (surat suara) yang selip, bagian depan dengan belakang berbeda. Ketika dilipat, terlipat di foto paslon (pasangan calon). Ini salah cetak," ujar komisioner KPU Kota Batu Divisi Umum, Logistik, Keuangan dan Rumah Tangga ini.

Nantinya, surat yang rusak tersebut akan dimusnahkan, dengan terlebih dahulu diinformasikan kepada masyarakat melalui media massa. 

"Akan ada penambahan lagi untuk pengganti surat suara yang rusak. Itu sudah masuk tanggung jawab dari penyedia," jelasnya.

Total surat suara yang akan dilipat sebanyak 153.674 lembar, sudah termasuk tambahan 2,5 persen dan 2 ribu lembar untuk pemungutan suara ulang. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com