Kirab Gunungan Sejauh 2 Kilometer Warnai Bersih Desa Purwodadi Kabupaten Malang

Home / Wisata / Kirab Gunungan Sejauh 2 Kilometer Warnai Bersih Desa Purwodadi Kabupaten Malang
Kirab Gunungan Sejauh 2 Kilometer Warnai Bersih Desa Purwodadi Kabupaten Malang Ribuan masyarakat saat menyaksikan kirab gunungan sejauh 2 Kilometer dalam rangka bersih desa Purwodadi. (FOTO: Mukhlis for TIMES Indonesia)

TIMESSEMARANG, MALANG – Ribuan masyarakat antusias mengikuti ritual bersih desa dengan mengarak gunungan berisikan berbagai hasil bumi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Senin (16/9/2019).

Gunungan itu diarak sejauh dua kilometer mulai dari Kantor Desa Purwodadi, hingga finish di Pantai Lenggoksono. Gunungan berisi hasil bumi itu terdiri aneka sayuran serta buah-buahan.

Sesampainya di tepi pantai, dilakukan prosesi doa. Selesai didoakan oleh pemuka adat, gunungan tersebut langsung diserbu warga maupun wisatawan yang ada di pantai itu.

Mereka percaya dengan mendapatkan hasil bumi melalui gunungan itu akan memperoleh keberkahan. Sedangkan hasil bumi lainnya, dilarung ke tengah laut.

Hasil bumi itu dilarung ke tengah laut menggunakan perahu nelayan. Usai sampai di tengah laut, hasil bumi itu dilarung atau dilepas.

"Ritual bersih desa ini sudah ada sejak tahun 1982 yang lalu," ujar tokoh masyarakat Desa Purwodadi, Mukhlis kepada TIMES Indonesia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, ritual tersebut sebagai bentuk rasa syukur masyarakat atas berbagai Rizki berupa limpahan aneka hasil bumi dari Tuhan Yang Maha Esa.

Dia menyebutkan, aneka hasil bumi itu berupa pertanian, perkebunan, buah-buahan serta ikan dari laut yang seluruhnya melimpah.

"Ritual ini sudah memasuki periode yang ke 37 kali. Selalu diadakan bertepatan 15 Muharram. Sekaligus juga memperingati tahun baru Islam dan tahun baru Jawa atau suro," ungkapnya.

"Harapan masyarakat melalui ritual ini kedepan hasil bumi tetap melimpah dan desa ini terhindar dari bala bencana," sambung Mukhlis.

Masih kata Mukhlis, Bersih Desa Purwodadi di Kabupaten Malang, dengan melakukan kirab gunungan ini juga sekaligus dalam rangka optimalisasi dalam bidang pariwisata. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com